« Home | Pertama Kerja Praktek di IM2 Semarang » | Ah aku bingung nig mo ngepost apaan, ni mendingan ... » | Marhaban Yaa Ramadhan » | Nah temen2 Alhamdulillah aku dah bisa ngerjain s... » | Soal Kedua » | Routing Table ? » | Hadis riwayat Abu Hurairah ra. : » | Ada apa dengan Gosip dan Adu-domba » | Bikin Website » | Gara-gara htmlentities ....... »

Routing Table Apa sih ?



EH temen-temen, sebelumnya Thofa dah pernah posting masalah Roting table, beserta soal routing table pertama dan kedua.

Nah waktu postingan THofa yang kedua tentang jawaban soal routing table. Thofa pakenya RIP. Nah sekarang timbul pertanyaan "Emang RIP itu sendiri apa sih ?".
Nah sebelumnya Thofa emang belum menjelaskan tentang Routing table, ya kan. Tapi ya gpp, yang penting temen-temen bisa belajar yang simple dulu tentang Routing Table.


Nah Routing table dibagi menjadi 2, diantaranya adalah Routing Table Statik dan Routing Table Dinamik. Masing Routing table ini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Nah biasanya kalau untuk jaringan yang kecil kita bisa menggunakan Routing Table Statik. Sedangkan untuk jaringan yang lebih besar akan lebih efisien menggunakan kalau menggunakan Routing Table Dinamik. Gimana temen-temen paham yang diomongin Thofa, kalau ga paham berarti sama dengan Thofa, Thofa juga bingung ngomongnya. He he he he .... Mungkin di bawah ini akan sedikit memberi kejelasan tentang Statik dan Dinamik.

>>>> Routing Table Statik

Temen-temen pasti tahulah yang namanya statik ya.... gitu lah.

Router yang mempunyai table routing yang dikelola secara manual disebut static router. Tabletersebut berisi daftar jaringan yang dapat dicapai oleh router tersebut.Static router dapat mempelajari jaringan yang berada disekelilingnya secara terbatas ( bila hanya 2jaringan ), tapi bila terdapat banyak jaringan, maka administrator harus mengelola table routingtersebut secara cermat

>>>> Routing Table Dinamik

Dynamic routing adalah fungsi dari routing protocol yang berkomunikasi dengan router lainnya untukdapat saling meremajakan ( update ) table routing yang ada. Dengan demikian, administrator tidakperlu melakukan updating jalur (path). Dynamic routing umumnya digunakan untuk jaringankomputer yang besar dan kompleks. Beberapa protocol yang digunakan dalam dynamic routing antaralain RIP ( routing Information Protokol ) dan OSPF ( Open Shortest path First )

Selain RIP dan OSFP masih ada lagi lho .... seperti IGRP, EIGRP. Nah baru sedikit yang Thofa tahu, ya itu lah, Nanti disambung lagi ya ..... ?

Masalahnya Thofa juga masih belajar kok.